Minggu, 24 Maret 2013

Pengaruh Penggunaan Internet pada Perkembangan Anak


Anak adalah semua tentang eksplorasi. Melalui dunia interaktif teknologi, anak-anak kita sedang dibentuk oleh eksplorasi mereka komputer dan Internet. Komputer modern dan menawarkan internet saat ini anak perangkat kuat yang, jika digunakan dengan tepat, dapat meningkatkan pengembangan keterampilan anak secara fisik, kognitif, dan sosial. Anak-anak mendapatkan tertarik karena mereka dapat membuat sesuatu terjadi dengan internet. Internet adalah alat yang ampuh yang merevolusi belajar anak-anak kita, komunikasi dan bermain.



Dampak terhadap Pembangunan Fisik

Ini mungkin tidak tampak dengan mata telanjang bahwa paparan ke Internet akan memiliki efek positif pada perkembangan fisik anak. Namun, pengetahuan tentang perkembangan otot dan keterampilan motorik kontrol membawa kita untuk menyimpulkan bahwa penggunaan internet biasa secara alami akan meningkatkan koordinasi mata-tangan anak dan keterampilan motorik halus karena penggunaan keyboard dan mouse. Tidak ada penelitian yang ada diketahui pada topik hubungan antara perkembangan fisik anak-anak dan Internet.



Dampak terhadap Pengembangan Kognitif

Anak-anak yang menggunakan keuntungan acara Internet dalam kemampuan kognitif seperti memori, pemecahan masalah spasial dan logis, berpikir kritis, konsentrasi, abstraksi dan pemahaman. Internet menghadapkan anak terhadap informasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahwa mereka dapat berubah menjadi pengetahuan. Melalui penggunaan internet, bahasa dan keaksaraan perkembangan anak-anak sering dipromosikan, memungkinkan untuk keuntungan yang lebih besar dalam kemampuan verbal dan nonverbal.

Dampak terhadap Pembangunan Sosial

Internet tidak dapat dan tidak harus mengganti interaksi manusia atau hubungan, atau mengambil tempat kegiatan seperti berbagi percakapan verbal dengan anak-anak kita atau membaca bersama-sama. Namun, jika digunakan dengan benar, internet dapat berfungsi sebagai media untuk interaksi sosial dapat diterima (Scoter & Railsback, 2001). Internet memungkinkan anak-anak untuk bersosialisasi dengan anak-anak lain melalui penggunaan email, chat, dan pesan instan, meningkatkan pengembangan komunikasi dan keterampilan sosial. Sebagai anak-anak menggunakan internet untuk berhubungan dengan tempat di seluruh dunia dan surat pertukaran dengan sahabat pena elektronik, mereka dapat berbagi berbagai budaya dan tradisi.

Seringkali penggunaan internet di ruang kelas memungkinkan anak-anak untuk bekerja sama, mendorong berbagi ide dan pembelajaran kooperatif. Siswa yang menemukan metode konvensional belajar sulit sering akan menemukan belajar melalui internet menjadi menyenangkan. Dari pengalaman positif anak-anak meningkatkan sikap mereka tentang belajar sekaligus meningkatkan rasa ingin tahu mereka dan konsep diri. Banyak orangtua yang anaknya menggunakan internet di sekolah percaya bahwa internet telah meningkatkan sikap keseluruhan anak mereka ke sekolah. "Pendidikan juga orang tua motivasi tunggal yang paling umum menyebutkan anak-anak mereka untuk menggunakan internet dari rumah" (Nasional Dewan Sekolah Yayasan, nd, paragraf 6). Internet memungkinkan anak untuk berpartisipasi aktif dalam lingkungan belajar mandiri.

Selain digunakan sebagai alat pendidikan, internet juga menyediakan hiburan. Menurut Tapscott (nd), "Anak-anak dapat menggunakannya untuk menemukan inspirasi, merangsang imajinasi, menjelajahi dunia, bertemu dengan orang lain dan mendapatkan pengalaman baru. Proses ini dikenal sebagai bermain. Bermain memiliki mengejar sendiri hiburan, kompetisi persahabatan, dan - semua yang dapat dipenuhi di Internet "(paragraf 1). Meskipun tidak ada pengganti yang benar untuk bermain sosial fisik, Internet menawarkan alternatif unik, yang terutama penting bagi mereka yang cacat fisik dan tidak mampu untuk terlibat dalam permainan fisik.

Internet saat ini merupakan bagian dari lingkungan alam anak-anak kita. Menurut Tapscott (1999, seperti dikutip dalam Affanso, 1999), "... ketika anak-anak sedang online, mereka membaca, berpikir, menganalisis, mengkritik dan otentikasi - menyusun pikiran mereka. Anak-anak menggunakan komputer untuk kegiatan yang pergi tangan-di-tangan dengan pemahaman kita tentang apa yang merupakan anak tradisional. Mereka menggunakan teknologi untuk bermain, belajar, berkomunikasi dan membentuk hubungan sebagai anak-anak selalu memiliki. Pembangunan ditingkatkan dalam dunia interaktif "(Kesimpulan Bagian, para. 1). Sesungguhnya, Internet telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari anak-anak banyak. Hal ini sedikit mengherankan bahwa ia memiliki efek yang sedemikian luas terhadap perkembangan sosial mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar