Selasa, 26 Maret 2013

Topologi Jaringan



Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan?
       
Dalam jaringan komunikasi, topologi adalah deskripsi biasanya skema pengaturan jaringan, termasuk node dan garis yang menghubungkan. Ada dua cara untuk mendefinisikan geometri jaringan: topologi fisik dan topologi (atau sinyal) logis.
Topologi fisik jaringan adalah tata letak geometris sebenarnya workstation. Ada beberapa topologi fisik yang umum, seperti yang dijelaskan di bawah ini dan seperti yang ditunjukkan dalam ilustrasi.


Dalam topologi jaringan bus, setiap workstation terhubung ke kabel utama yang disebut bus. Oleh karena itu, pada dasarnya, setiap workstation secara langsung terhubung ke setiap workstation lain dalam jaringan.
Dalam topologi jaringan bintang, terdapat sebuah komputer pusat atau server yang semua workstation langsung terhubung. Setiap workstation langsung terhubung ke setiap lain melalui komputer pusat.
Dalam topologi jaringan cincin, workstation yang terhubung dalam konfigurasi loop tertutup. Pasangan yang berdekatan workstation secara langsung terhubung. Pasangan lain workstation yang terhubung secara tidak langsung, data melewati satu atau lebih node intermediate.
Jika protokol Token Ring digunakan dalam topologi bintang atau cincin, sinyal perjalanan hanya dalam satu arah, dilakukan oleh sebuah token yang disebut dari node ke node.
Topologi jaringan mesh mempekerjakan salah satu dari dua skema, yang disebut full mesh dan mesh parsial. Dalam topologi mesh penuh, setiap workstation terhubung langsung ke masing-masing lain. Dalam topologi mesh parsial, beberapa workstation yang terhubung ke semua orang lain, dan ada pula yang terhubung hanya untuk mereka dengan node lain yang mereka bertukar data yang paling.
Topologi jaringan pohon menggunakan jaringan bintang dua atau lebih terhubung bersama-sama. Komputer pusat jaringan bintang yang terhubung ke bus utama. Dengan demikian, jaringan pohon adalah jaringan bus jaringan bintang.
Logical (atau sinyal) topologi mengacu pada sifat dari jalur sinyal mengikuti dari node ke node. Dalam banyak kasus, topologi logis adalah sama dengan topologi fisik. Tapi ini tidak selalu terjadi. Misalnya, beberapa jaringan secara fisik diletakkan dalam konfigurasi bintang, tetapi mereka beroperasi secara logis sebagai jaringan bus atau cincin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar