Minggu, 24 Maret 2013

Memahami Sistem Informasi Pengantar


Dalam era informasi dan komunikasi saat ini, ada referensi konstan untuk sistem informasi dan manajemen sistem informasi. Dalam data era digital, penyimpanan dan pengambilan dilakukan melalui berbagai sistem dan interface.Sistem Informasi
Sebuah sistem informasi, oleh karena itu, dapat didefinisikan sebagai seperangkat jaringan terkoordinasi komponen yang bertindak bersama-sama untuk memproduksi, mendistribusikan dan atau pengolahan informasi. Salah satu faktor penting dari sistem informasi berbasis komputer yang presisi, yang mungkin tidak berlaku untuk jenis lain dari sistem.Sistem
Dalam sistem, jaringan komponen bekerja menuju satu tujuan, jika ada kurangnya koordinasi antar komponen, itu mengarah ke hasil yang kontraproduktif. Sebuah sistem mungkin memiliki fitur berikut:


    
Adaptasi: beberapa sistem yang adaptif terhadap lingkungan eksterior, sementara beberapa sistem non-adaptif terhadap lingkungan eksternal. Misalnya, anti-lock sistem pengereman di mobil bereaksi tergantung pada kondisi jalan, di mana sebagai sistem musik di dalam mobil adalah independen dari lainnya terjadi dengan mobil.

    
Batasan: setiap sistem memiliki pra-batasan yang telah ditentukan atau batas-batas di mana ia beroperasi. Ini batas atau batas dapat didefinisikan oleh hukum atau teknologi saat ini.
Informasi
Definisi umum dari informasi adalah data. Namun, data ada informasi yang benar. Data mendapatkan arti dan makna jika hanya itu informasi. Informasi diwakili dengan data, simbol dan huruf.
Informasi telah mengikuti sifat:

    
Tujuan: Salah satu sifat kunci dari informasi yang obyektif. Informasi yang obyektif adalah komponen kunci dari setiap penelitian ilmiah modern.

    
Subyektif: Set informasi yang berguna bagi ilmu pengetahuan mungkin abstrak atau tidak relevan bagi orang lain. Oleh karena itu, informasi adalah subyektif juga.

    
Temporary: Informasi sementara dengan setiap update dalam database.
Representasi Informasi
Informasi diwakili dengan bantuan data, angka, huruf atau simbol. Informasi dirasakan dengan cara itu akan diwakili. Sistem desimal dan sistem biner dua cara untuk mewakili informasi. Sirkuit biner komputer dirancang untuk beroperasi di bawah dua negara (0,1).Organisasi Informasi
Cara di mana informasi diselenggarakan secara langsung mempengaruhi cara informasi yang dikelola dan diambil.
Cara termudah adalah melalui pengorganisasian informasi model linier. Dalam bentuk ini, data yang disusun satu demi satu, misalnya, dalam kaset magnetik, kaset musik, dll
Dalam model pohon biner, data yang disusun dalam format pohon terbalik di mana ia mengasumsikan dua nilai.
Model hirarki berasal dari model pohon biner. Dalam model ini, cabang dapat mengasumsikan multi-nilai data, misalnya dalam sistem operasi UNIX model ini digunakan untuk sistem file-nya.
 

Model hypertext adalah cara lain untuk mengorganisir informasi, World Wide Web adalah contoh dari model ini.
Model akses random adalah cara lain untuk mengorganisir informasi. Model ini digunakan untuk pemanfaatan optimal ruang penyimpanan komputer yang tersedia. Berikut data disimpan dalam lokasi yang ditentukan di bawah arahan dari sistem operasi.Jaringan Informasi
Informasi jaringan melalui topologi jaringan. Tata letak semua perangkat yang terhubung, dan memberikan bentuk virtual atau struktur ke jaringan dikenal sebagai topologi jaringan. Struktur fisik mungkin tidak mewakili topologi jaringan. Dasar jenis topologi adalah bus, cincin, bintang, pohon dan mesh.
Di atas topologi yang dibangun dan dikelola dengan bantuan Hub, Switch, Jembatan, Router, Brouters dan Gateways.Mengamankan Informasi
Keamanan informasi serta sistem informasi sangat penting. Data back-up adalah pada cara di mana informasi dapat dibuat diamankan. Manajemen keamanan untuk sistem jaringan dan informasi berbeda untuk setup yang berbeda seperti rumah, usaha kecil, usaha menengah, bisnis besar, sekolah dan pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar